Menu
Intimitra Ciptakarya, Kami bergerak dalam bidang IT Solution, Jasa Web Development, Sistem Infrastruktur dan Jasa Konsultasi Lainnya

Digital Mark Reader (DMR)

Jan
07
2015
by : admin. Posted in : Produk

Digital Mark Reader (DMR) merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunaan scanner dokumen untuk pemeriksaan form ujian, kuesioner dan entri data dengan teknologi pengenalan tanda. DMR terdiri atas dua aplikasi: DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR Extractor (untuk memproses LJK).

Prof. Dr. Ir. Ing. Iping Supriana, DEA.  professor pertama di Teknik Informatika ITB yang menjadi penggagas dari produk DMR. Bersama Tim Riset Unggulan ITB tahun 2002/2003 beliau mengembangkan Digital Mark Reader (DMR), sebuah alat pemeriksa ujian berbiaya rendah yang kemudian dinobatkan menjadiWinner of Indonesia – Asia Pacific ICT Award 2004 kategori Best of Education & Training. DMR adalah salah satu karya fenomenal asli Indonesia yang sangat bermanfaat bagi Indonesia.

DMR selalu dipasangkan dengan alat pemindai (image scanner) untuk melakukan pemindaian (scanning) Lembar Jawab Komputer (LJK).

Keunggulan DMR

  1. Tercepat Dalam Membaca LJK, 12000 Gambar/Menit

Dengan mengoptimalkan kinerja prosessor, DMR selalu menjadi sistem pemeriksa ujian tercepat. Tahun 2009, DMR terbaru mampu memeriksa dengan kecepatan hingga 12000 gambar/menit.

  1. Paling Banyak Digunakan di Indonesia, HaKI Dijamin Undang-Undang

Dengan ribuan lisensi yang digunakan di 5 negara untuk berbagai bidang dan keperluan, DMR telah mendapatkan kepercayaan ratusan lembaga. Kisah sukses implementasi DMR di suatu lembaga mempengaruhi lembaga lain untuk juga memilikinya. DMR juga diminati para pengembang sistem informasi karena menjadi alat entri data yang dapat diandalkan. DMR adalah investasi yang aman dari segi HaKI karena telah memiliki sertifikat hak cipta dan merk dagang.

  1. Tampilan Sederhana, Mudah Digunakan dan Efisien Sumber Daya

Kertas LJK DMR cukup HVS 80gsm biasa, boleh cetak warna, boleh juga hitam putih dengan dicetak di beragam printer atau dibawa ke percetakan. Form boleh diisi dengan bulatan maupun tanda silang, penggunaan alat tulis selain pensil juga diperbolehkan. Kesalahan cetak LJK pun masih dapat diperbaiki dengan penyesuaian pola.

Tidak perlu di-install, DMR itu portable, hanya berupa file di USB flash disk. Proses update DMR juga sangat mudah, cukup melalui Internet. Komputer yang digunakan boleh dengan netbook,  petugas verifikasi boleh bekerja dari dua komputer atau lebih. Dengan gambar format GIF hitam putih, alat pemindai dapat bekerja dengan sangat kencang, penggunaan harddisk sangat hemat, penggunaan di network maupun hosting gambar LJK di internet juga menjadi lancar.

Operator DMR tak perlu sepandai programmer, verifikasi visual membuat DMR sangat mudah digunakan. Sensitivitas tingkat kehitaman dapat diatur otomatis. Report dapat diekspor dalam bentuk file Excel.

  1. Dikembangkan Tim Kompeten, Diimplementasikan oleh Ahlinya, Dipercaya Vendor Scanner

Pengembangan DMR dilakukan oleh tim peneliti dengan bidang kompetensi image processing dari Teknik Informatika ITB:

  1. Prof. Dr. Ir. Iping Supriana, DEA.
  2. Dr. Ayu Purwarianti, S.T, M.T.
  3. M. Arif Rahmat, S.T.
  4. Peb Ruswono Aryan, S.T.

Bagi yang berminat dengan DMR bisa menghubungi kami :

  • PT Intimitra Ciptakarya
  • Telp : 085724501766
tags: ,

artikel lainnya Digital Mark Reader (DMR)

Monday 9 February 2015 | Produk

Penerapan teknologi informasi dalam pengolahan data saat ini mutlak diupayakan semenjak keterdesakan akan kebutuhan informasi yang…

Thursday 25 December 2014 | Jasa, Produk

Sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk…

Thursday 16 November 2017 | Portofolio, Produk

Si Paten merupakan Aplikasi, yang dirancang khusus untuk membantu kegiatan Pelayanan Dokumen Perizinan & Non-Perizinan ditingkat Kelurahan, Desa &…