Setelah nama domain dan hosting siap, kita bisa mulai untuk melakukan instalasi WordPress. Proses instalasi dan setup WordPress tidak perlu saya jelaskan secara panjang lebar di sini. Saya sudah membahasnya secara lengkap di artikel yang lain.

Memilih Plugin Untuk Website Sekolah

Setelah proses instalasi selesai, hal lainnya yang perlu dipertimbangkan yaitu plugin apa yang sebaiknya digunakan. Banyak sekali plugin yang dibuat secara khusus untuk meningkatkan fungsional website sekolah.

Jika kita ingin membuat website sekolah yang fungsinya hanya untuk menampilkan informasi tentang sekolah, berikut ini plugin dan theme yang bisa kita gunakan:

Jika kita ingin membuat website sekolah dengan fasilitas e-learning, plugin seperti TeachPressSensei, atau WP Courseware bisa dipertimbangkan untuk ditambahkan selain plugin di atas.

Memilih Theme Untuk Website Sekolah

Khusus untuk mengatur tampilan website, ada dua pilihan apakah ingin menggunakan theme gratisan atau premium theme. Theme Directory WordPress.org menyediakan banyak sekali theme yang bisa kita pakai secara gratis.

Sampai di sini panduan singkat bagaimana cara membuat website sekolah dengan WordPress. Anda bisa menemukan artikel-artikel menarik lainnya di website ini. Selamat mencoba!